Cari di Sini

Jumat, 07 Maret 2014

Undangan Pameran "Guru Seni Berlari"


UNDANGAN PAMERAN
GALERI NASIONAL INDONESIA, 11 – 28 April 2014

Pameran Seni Rupa Karya Guru Seni Budaya
“GURU SENI BERLARI”
Pameran Seni Rupa-Seminar Seni Rupa

TEMA:“GURU SENI BERLARI”



WAKTU:11 – 28 April 2014

PERESMIAN:Jumat, 11 April 2014

Pukul:19.00 WIB – selesai.
        
TEMPAT:Galeri Nasional Indonesia, Jakarta
Jl. Medan Merdeka Timur no. 14
(depan Stasiun KA. Gambir),
Jakarta Pusat - 10110
Telp/Fax : 021 - 34833954 / 021 – 3813021

KARYA:Karya seni rupa 2 Dimensional dan 3 Dimensional (Lukisan, Patung, Seni Cetak, Seni Kriya, Fotografi, Video Art, Object, Seni Instalasi, dll). Dimungkinkan juga karya seni rupa untuk media pembelajaran atau
sejenisnya.

PESERTA:Peserta terdiri dari para Pengajar/Guru Seni Budaya (perorangan atau kelompok) dari Lembaga pendidikan tingkat SMP, SMA/SMK atau sederajat dari berbagai wilayah di Indonesia, yang dipilih berdasarkan proses seleksi tim kurator dan juga berdasarkan undangan khusus dari pihak Galeri Nasional Indonesia.

TIM KURATOR:Suwarno Wisetrotomo (Kurator)
Citra Smara Dewi (Kurator)
Zamrud Setya Negara (Kurator Pendamping)

KOORDINATOR PAMERAN:Tunggul Setiawan (Koordinator Pameran)

Email     :  pameranguru2014@gmail.com
Website :  www.galeri-nasional.or.id

Informasi selengkapnya terlampir.

Pengantar KuratorialPameran Seni Rupa Karya Guru Seni Budaya
“GURU SENI BERLARI”

Pada kurikulum yang lalu pendidikan kesenian, termasuk di dalamnya pendidikan seni rupa, di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Memengah Atas (SMA) serta yang sederajat, memiliki masalah klasik yakni terbatasnya alokasi jam pelajaran dan terbatasnya sumber daya guru (guru kesenian). Kondisi semacam itu berakibat pada “lemahnya” keseluruhan proses belajar-mengajar, dan keluaran (produk; output) dari sekolah. “Kelemahan” yang dimaksud antara lain; pertama, metodologi dan metode pembelajaran seni rupa yang tidak memiliki prosedur operasional yang standar, dan karena itu cenderung improvisasi. Kedua, guru-guru yang berpotensi dan murid-murid yang berbakat, tidak memiliki ruang dan waktu yang memadai untuk belajar, memupuk bakat, dan mengekspresikan gagasan-gagasan kreatifnya.

Beberapa waktu yang lalu terdapat sekolah khusus pendidikan seni rupa, Sekolah Seni Rupa Indonesia (SSRI) yang hanya ada di Yogyakarta, Bali, Bandung dan Padang, dengan masa pendidikan empat tahun, dan melahirkan ‘calon-calon seniman seni rupa dan disainer’ yang memadai ketrampilannya. Mereka, setelah lulus berpeluang menjadi seniman mandiri, atau disainer yang handal, atau melanjutkan pendidikan tinggi seni rupa. Kemudian sejak tahun 1978, SSRI berubah nama menjadi Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR), dengan perubahan kurikulum di sana-sini, dan masa studinya menjadi tiga tahun. Kemudian SMSR berubah menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dengan banyak perubahan kurikulum, dan menghasilkan lulusan yang lebih “sederhana”, yakni menjadi “tukang” atau melanjutkan ke jenjang pendidikian tinggi seni.

Realitas semacam itu menunjukkan “lemahnya” disain besar (grand design) terhadap eksistensi pendidikan seni (seni rupa) di sekolah tingkat SMP, SMA, SMK, dan yang sederajat. Betapa, pendidikan seni (seni rupa) belum dianggap dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan karakter bangsa, termasuk dalam hal pembangunan kemanusiaan dan kebudayaan Indonesia. Sementara itu realitas yang lain menunjukkan, bahwa terdapat guru-guru setingkat SMP, SMA, SMK, dan yang sederajat memiliki potensi, prestasi, dan reputasi di bidang seni rupa.

Oleh karena itu sejalan dengan momentum realisasi Kurikulum Baru (2013), dimana mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya mendapat tambahan jam (menjadi 4 jam dalam sepekan). Sehingga para guru dan siswa memiliki kesempatan untuk mempertajam kreatifitasnya, lebih-lebih ‘Muatan Lokal’ pada kurikulum baru tersebut memberi kebebasan kepada guru dan lingkungan daerah masing-masing untuk melestarikan (melindungi, mengembangkan dan memanfaatkan) seni budayanya.

Bertolak dari itu, maka Galeri Nasional Indonesia, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemdikbud menginisiasi untuk menyelenggarakan Pameran Seni Rupa Karya Guru Seni Budaya se-Indonesia, dengan tajuk “GURU SENI BERLARI”. Tajuk yang demikian terbuka ini merupakan suatu isyarat; bahwa para guru kesenian (guru seni rupa) seharusnya berada dalam kondisi “berlari”. Berlari dalam mengejar dan mendorong para siswa untuk sungguh-sungguh menekuni pilihannya; berlari memberikan teladan dan inspirasi bagi para siswa; dan berlari mengejar ketertinggalan informasi seni. Tak terelakkan, para guru seni memang memiliki peran ganda; sebagai pengajar dan pendidik, sekaligus sebagai praktisi seni yang seharusnya menginspirasi para siswa dan masyarakat luas.

Kurikulum sebagai pilar utama pendidikan memegang peranan penting, khususnya dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas sejalan dengan misi dan visi Pendidikan Nasional Indonesia, sehingga kebijakan pemerintah dalam melakukan revitalisasi kurikulum  pada tahun 2013 merupakan hal yang patut dikritisi, artinya apakah kurikulum tersebut sudah mengakomodasi kebutuhan pendidikan bidang seni budaya atau sebaliknya? Konsep dasar perubahan struktur kurikulum 2013 yang didukung empat 4 pilar yaitu: produktif, kreatif, inovatif, dan afektif, semoga dapat meningkatakan kualitas pendidikan khususnya di tingkat SMP, SMA, SMK dan sederajat. Pameran ini menjadi sangat strategis dan bersifat momentum, karena bersamaan dengan pemberlakuan kurikulum 2013, sehingga dapat dikatakan sebagai indikator keberhasilan kurikulum di masa mendatang.

Melalui pameran ini diharapkan akan dapat dipetakan potensi para guru seni rupa se-Indonesia; kemudian dapat kita ketahui potensi karya-karya mereka; dan pada gilirannya mereka dapat membangun jaringan untuk membuka kemungkinan komunikasi dan saling memberikan informasi serta meningkatkan prestasi masing-masing, sehingga kualitas Pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik.

Kurator:
Suwarno Wisetrotomo
Citra Smara Dewi
***

A. CATATAN BAGI PESERTA PAMERAN• Peserta terdiri dari para Pengajar/Guru Seni Budaya (perorangan atau kelompok) dari Lembaga pendidikan tingkat SMP, SMA/SMK atau sederajat dari berbagai wilayah di Indonesia, yang dipilih berdasarkan proses seleksi tim kurator dan juga berdasarkan undangan khusus dari pihak Galeri Nasional Indonesia.

• Setiap calon peserta WAJIB MENDAFTARKAN DAN MENGISI FORMULIR yang disediakan panitia PALING LAMBAT tanggal 14 MARET 2014, melalui email pameranguru2014@gmail.com

Alamat pengembalian Formulir Pendaftaran/ Kesediaan calon peserta adalah:

Panitia Pameran Seni Rupa Karya Guru Seni Budaya
“GURU SENI BERLARI”

Galeri Nasional Indonesia
Jl. Medan Merdeka Timur no.14 (depan Stasiun KA. Gambir), Jakarta Pusat - 10110
Telp/ Fax : 021 - 34833954 / 021 - 3813021
Email: pameranguru2014@gmail.com

u.p. Tunggul Setiawan       
      Zamrud Setya Negara   
    
• Setiap peserta WAJIB menyertakan keterangan CV/Biodata dan deskripsi karya, serta Surat Pengantar/keterangan dari lembaga terkait dalam BAHASA INDONESIA sebagai DATA FILE (Word Document). Biodata terdiri dari: Data diri/Kelompok, alamat lengkap, prestasi/penghargaan, pengalaman pameran, dan foto diri serta image karya yang akan dipamerkan (High Resolution) minimal 2 Mb.

• Bagi Peserta yang belum melengkapi data guna keperluan cetak katalog sampai batas waktu yang telah ditentukan, maka panitia akan menggunakan data seadanya.

• Pengumuman Peserta Lolos Seleksi tanggal 20 - 21 Maret 2014 dapat dilihat www.galeri-nasional.or.id
  
B. CATATAN TENTANG KARYA   • Pengerjaan dan penyiapan karya adalah tanggung jawab peserta.

• Karya yang diajukan untuk dipamerkan merupakan karya baru/lama yang dibuat dalam rentang waktu dari tahun 2012 hingga 2014, serta milik masing-masing peserta dan belum pernah dipamerkan di tingkat nasional.

• Karya yang dipamerkan merupakan hasil tanggapan, atau ada relevansinya terhadap tema secara umum “GURU SENI BERLARI”.

• Karya seni rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi (Lukisan, Patung, Seni Cetak, Seni Kriya, Fotografi, Video Art, Object, Seni Instalasi, dll), Dimungkinkan juga karya seni rupa untuk media pembelajaran atau sejenisnya.

• Media dan teknik pembuatan karya tidak mengikat/BEBAS.

• Setiap peserta mengirimkan MAKSIMAL 2 (dua) buah karya dalam bentuk image/foto ukuran 10 R (apabila dikirim via pos) atau dalam bentuk soft data image resolusi minimal 2 Mb dan maksimal 4 mb (apabila dikirim via email) untuk bahan seleksi tim kurator. Panitia menyarankan aplikasi dikirim via email agar lebih efisien.

• Ukuran karya:
- Karya 2 dimensi (minimal 100x100 cm, maksimal 200 x 300 cm).
- Karya 3 dimensi (minimal 50x50x50 cm, maksimal 300 x 300 x 300 cm).
Dengan diperbolehkan pilihan secara vertikal ataupun horizontal.

• Pilihan Ukuran, materi dan bentuk karya yang bersifat khusus harus dibicarakan terlebih dahulu dengan pihak kurator.

C. PENGEPAKAN DAN PENGIRIMAN KARYA• Masing-masing perserta WAJIB menyiapkan kemasan bungkus atau kotak (packing) karya yang memadai sehingga tidak akan mengakibatkan kerusakan karya saat proses pengiriman karya.

• Peserta wajib mengirimkan karyanya dalam kondisi finish siap pajang/display.

• Bagi karya peserta yang menggunakan pigura, maka peserta WAJIB mengirimkan karyanya dalam kondisi SIAP PAJANG.

• Karya paling lambat diterima di Galeri Nasional Indonesia tanggal 4 APRIL 2014.

• Alamat pengiriman karya:
(sama dengan alamat pengembalian Formulir Pendaftaran/ Kesediaan calon peserta diatas)

• Pengepakkan kembali dan pengiriman ulang karya kepada perupa/peserta adalah tanggung jawab pihak Panitia Pameran.

D. DISPLAY KARYA• Display karya adalah hak dan tanggung jawab kurator pameran dan Galeri Nasional Indonesia.

• Display Karya dilaksanakan tanggal 7 - 10 April 2014.

• Pemasangan atau displai karya yang bersifat khusus akan di diskusikan oleh kurator dengan pihak perupa/peserta yang bersangkutan.

• Penggunaan alat khusus yang digunakan untuk presentasi karya adalah tanggung jawab masing-masing peserta yang menggunakannya.

E. PUBLIKASI
• Galeri Nasional Indonesia akan memproduksi katalog, Undangan, poster dan media publikasi pameran.

• Publikasi kegiatan akan dilakukan melalui berbagai saluran promosi dan interaksi elektronik serta jejaring media sosial.

• Galeri Nasional Indonesia akan menyelenggarakan kegiatan press confeerence dan menyebarkan press release menjelang pelaksanaan kegiatan.

F. RANGKAIAN ACARA• Seminar Seni Rupa “GURU SENI BERLARI”
12 April 2014
Pukul 10.00 WIB – Selesai
Ruang Seminar Galeri Nasional Indonesia.

CATATAN:
TENGGAT WAKTU PENTING (TIME FRAME)

1. Pendaftaran Kesertaan Peserta Pameran,
Pengumpulan Biodata Seniman dan
Pengumpulan Image/photo karya, Proses berkarya
10 Februari – 14 Maret 2014

2. Seleksi Karya
17 - 19 Maret 2014

3. Pengumuman Peserta Lolos Seleksi
20 - 21 Maret 2014

4. Pengiriman Karya ke GNI
21 Maret – 4 April 2014

5. Penyusunan Katalog
21 Maret – 4 April 2014

6. Displai Karya
7 - 10 April 2014

7. Pembukaan Pameran
11 April 2014

8. Pameran Karya Guru Seni Budaya “GURU SENI BERLARI”
11 - 28 April 2014

9. Pembongkaran Displai Karya
29 April – 2 Mei 2014

10. Pengembalian Karya pada Peserta
5 - 31 Mei 2014


LEMBAR KESEDIAAN PESERTA*)
____________________________________

Pameran Karya Seni Rupa Guru Seni Budaya
“GURU SENI BERLARI”
GALERI NASIONAL INDONESIA 11 – 28 April 2014

Setelah membaca dan memahami butir-butir keterangan penyelengaraan kegiatan, maka dengan ini:

Nama         : _________________________________________________
Alamat       : ________________________________________________________
          ____________________________________________________________
Tel/Fax       : ____________________________________________________________
e-mail        : ____________________________________________________________

Menyatakan bersepakat dengan seluruh ketetapan yang telah ditentukan dan bersedia menjadi peserta pameran dan akan menyertakan Biodata/CV, foto/image karya dengan data sebagai berikut:

Judul Karya      : ____________________________________________________________
Tahun              : ____________________________________________________________
Medium/Teknik  : ____________________________________________________________
Ukuran             : ____________________________________________________________

Deskripsi karya (dalam bentuk lampiran Word Document):
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
____________________________________________________________Demikian pernyataan dan keterangan yang dapat saya sampaikan.

Terima kasih.
                                                   ________________________ , 2014


                      
( ........................................ )


*) Harap melampirkan Surat Pengantar/Keterangan Sebagai Guru Seni Budaya
*) Formulir Kesedian Peserta PALING LAMBAT DIKEMBALIKAN TANGGAL 14 MARET 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar